Laman

SELAMAT DATANG DI ZMID

"ZMID" adalah kulasan berita yang berisi tentang Politik dan dunia militer baik dalam maupun luar negeri.

Selasa, 17 Juli 2012

Kapal Tempur AS Lepaskan Tembakan di Teluk Persia

Foto : USNS Rappahannock (Reuters)
Foto : USNS Rappahannock (Reuters)
DUBAI - Seorang nelayan India terbunuh dan tiga orang lainnya terluka setelah Angkatan Laut Amerika Serikat (AL AS) di kapal USNS Rappahannock melepaskan tembakan. AL AS terpaksa melakukan penembakan karena ada kapal kecil yang mengabaikan peringatan AS dan terus mendekati USNS Rappahannock.

Juru bicara AL AS mengatakan, USNS Rappahannock menembakkan senjatanya ke sebuahg kapal kecil. Kapal itu mengabaikan perintah AL AS yang memintanya untuk menjauh, namun mereka mengabaikannya dan terus melesat hingga mendekati kapal AS yang berlayar di Dubai, Uni Emirat Arab.

Saat ini, AL AS masih menyelidiki detil-detil dari peristiwa itu. Uni Emirat Arab mengatakan bahwa kapal yang ditembak AS adalah kapal nelayan yang berisikan empat warga India dan dua orang warga Uni Emirat Arab.

AL AS juga mengatakan, peristiwa ini merupakan peristiwa yang umum terjadi. Beberapa kapal Iran sempat mengganggu aktivitas kapal tempur AS di wilayah itu, namun sepertinya kapal yang baru saja ditembak bukanlah kapal Iran. Demikian, seperti diberitakan ABC, Selasa (17/7/2012).

Pada 2000 silam, kapal destroyer USS Cole diserang oleh militan Al Qaeda Yaman. Al Qaeda menggunakan kapal kecil yang sudah diisi dengan bahan peledak. Serangan bunuh diri itu menewaskan 17 orang warga AS. Hal itulah yang menyebabkan AS selalu khawatir bila menyaksikan sebuah kapal kecil yang mengganggu aktivitas armada tempurnya di laut.

Tepat pada Minggu pekan lalu, Pentagon melaporkan bahwa armada laut ketiga sudah dikerahkan. Kelompok armada laut itu dipimpin oleh kapal induk USS John Stennis dan akan beroperasi selama empat bulan. Pengerahan itu juga ditujukan untuk memberi peringatan ke Iran dan melakukan operasi penyapuan ranjau laut
 
 
Sumber:Okezone.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

KOMEN POSITIF "OK"