Laman

SELAMAT DATANG DI ZMID

"ZMID" adalah kulasan berita yang berisi tentang Politik dan dunia militer baik dalam maupun luar negeri.

Kamis, 16 Agustus 2012

Pesawat Tempur AS Jatuh Saat Berusaha Tembus Kecepatan Hipersonik


Washington Pesawat tempur canggih hipersonik milik angkatan udara Amerika Serikat jatuh dalam tes terbang. Pesawat canggih yang diberi nama X-15A Waverider ini terjatuh saat berusaha menembus kecepatan 4.600 mil per jam, atau setara dengan 7.400 kilometer per jam.

"Sebuah pesawat hipersonik yang diluncurkan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat, Selasa (13/8) berputar di luar kendali dan hancur sebelum bisa mencapai tujuannya untuk menambah kecepatan hingga 4.600 mil per jam," kata pejabat Pentagon seperti dilansir oleh CNN, Rabu (15/8/2012).

Waverider sebenarnya telah menjalani tes terbang dua kali sebelum jatuh di lepas pantai California. Pesawat ini sempat menembus kecepatan suara 6 mach selama 16 detik sebelum terjatuh. Pejabat setempat menyatakan penyebab jatuhnya pesawat diduga berasal dari sirip ekor pesawat.

"Sebuah kesalahan telah diidentifikasi, dari salah satu sirip pesawat. Setelah pesawat dipisahkan dari roket pendorong, kira-kira 15 detik kemudian, pesawat tidak mampu mempertahankan kontrol karena sirip rusak dan lepas," kata pejabat angkatan udara Amerika.

Pihak terkait akan mengevaluasi penyebab terjatuhnya Waverider dengan melakukan sejumlah tes. Harapannya agar tidak terjadi lagi kecelakaan serupa dan pesawat tersebut dapat digunakan oleh angkatan udara Amerika. Pesawat ini sendiri bentuknya menyerupai rudal dan tanpa awak.

"Pejabat program pengembangan Waverider akan memulai proses evaluasi yang ketat untuk menentukan penyebab pasti dari berbagai faktor. Namun, sangat disayangkan masalah dengan subsistem ini menyebabkan penghentian program sebelum kami bisa menyalakan mesin 'Scramjet'. Semua data kami menunjukkan bahwa kami telah menciptakan kondisi yang tepat untuk pengapian mesin dan kami sangat berharap untuk memenuhi tujuan pengujian ini," kata Manajer Program X-51A Waverider, Charlie Brink, untuk Air Force Research Laboratory.

Angkatan udara Amerika Serikat memiliki empat X-15A Waveriders dan telah diuji tiga kali. Para pejabat terkait mengatakan mereka belum tahu kapan Waverider akan diuji lebih jauh.


Sumber: Detiknews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

KOMEN POSITIF "OK"