Halaman

Powered By Blogger

SELAMAT DATANG DI ZMID

"ZMID" adalah kulasan berita yang berisi tentang Politik dan dunia militer baik dalam maupun luar negeri.

Kamis, 16 Agustus 2012

Empat Warga Jerman Pasok Komponen Nuklir Iran


TEMPO.CO , Berlin - Empat orang ditangkap di Jerman karena dicurigai secara ilegal memasok bagian yang dibutuhkan untuk membangun reaktor nuklir Iran. Para tersangka ditahan setelah polisi menyerbu rumah dan tempat bisnis mereka di Hamburg, Oldenburg, dan Weimar.

Mereka dituduh menggunakan perusahaan utama di Turki dan Azerbaijan untuk memasok bagian-bagian dalam kesepakatan senilai jutaan euro. Perbuatan mereka dianggap ilegal karena Jerman memberlakukan embargo terkait program nuklir Iran.

Jaksa Jerman mengatakan para pria yang ditangkap -- satu warga Jerman dan tiga berkewarganegaraan ganda Iran-Jerman  -- memasok katup khusus yang diperlukan untuk digunakan dalam reaktor heavy water.

Mereka dituduh melanggar embargo senjata, serta pembatasan ekspor barang yang dapat digunakan untuk tujuan militer. Jaksa mengatakan para pria masing-masing bernama pendek Rudolf M, Kianzad Ka, Gholamali Ka, dan Hamid Kh. Hukum Jerman melarang para terdakwa disebut dengan nama lengkap mereka.

Barat mempersoalkan program nuklir Iran, tapi negara itu bersikeras program nuklir mereka untuk tujuan damai. Teheran saat ini sedang membangun sebuah reaktor di dekat pusat kota Arak.

Sebuah lembaga think-tank AS telah mengatakan Iran tengah membangun reaktor yang akan rampung dan beroperasi tahun depan. Namun program itu terhenti karena keterbatasan mendapatkan komponen yang pas akibat embargo. 
 
 
Sumber: Tempo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOMEN POSITIF "OK"