Laman

SELAMAT DATANG DI ZMID

"ZMID" adalah kulasan berita yang berisi tentang Politik dan dunia militer baik dalam maupun luar negeri.

Selasa, 30 Oktober 2012

China-Jepang Bentrok di Sekitar Kepulauan Senkaku


BEIJING - Pemerintah China melaporkan, Kapal Patrolinya terlibat dalam aksi konfrontasi dengan kapal patroli Jepang di wilayah Kepulauan Senkaku. Pulau itu selama ini terus menjadi obyek rebutan kedua negara.

Pemerintah China menyebutkan, armada patrolinya yang terdiri dari empat kapal bertemu dengan kapal patroli Jepang di sekitar kepulauan sengketa tersebut. Merasa mereka masih berada di wilayahnya, armada kapal China kemudian melakukan tindakan pengusiran terhadap kapal patroli Jepang.

Sedangkan pihak Jepang menyatakan, kedua kapal sama-sama mengirimkan pesan yang menyebutkan bahwa kedua belah pihak merasa sedang berada di wilayahnya sendiri. Kedua pihak pun saling meminta untuk kapal lainnya untuk keluar dari wilayah sengketa. Demikian diberitakan Associated Press, Selasa (30/10/2012)

Akhir-akhir ini Pemerintah China menggiatkan aktivitas patroli di sekitar kepulauan yang mereka sebut Pulau Diayou. Patroli dilakukan berkaitan dengan kebijakan sepihak Jepang yang melakukan nasionalisasi kepulauan itu.

Selain disengketakan oleh China dan Jepang kepulauan tersebut juga diklaim oleh Taiwan. Namun melihat level kekuatan Taiwan, sepertinya mereka tidak akan mampu untuk melawan dua kekuatan besar di Asia.


Sumber: Okezone

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

KOMEN POSITIF "OK"