Laman

SELAMAT DATANG DI ZMID

"ZMID" adalah kulasan berita yang berisi tentang Politik dan dunia militer baik dalam maupun luar negeri.

Rabu, 02 Mei 2012

Antisipasi China FIlipina Sampai Merengek Bantuan AS

MANILA-(IDB) : Filipina menyatakan bahwa mereka akan meminta lebih banyak bantuan militer AS untuk menghadapai China yang terus berupaya menguasai wilayah Laut China Selatan. Manila berpendapat bahwa China mengabaikan hukum kelautan "internasionalisasi".

Menteri Luar Negeri Albert del Rosario mengatakan Filipina sedang mencari bantuan ke Amerika Serikat untuk memperkuat sistem pertahanan dan ingin mengambil manfaat maksimal dari perjanjian pertahanan.

"Kami akan ke Amerika Serikat untuk memaksimalkan manfaat pertahanan bersama Amerika ini," tegas Del Rosario.

Rencananya, Del Rosario dan Menteri Pertahanan Voltaire Gazmin akan bertemu Hillary Clinton dan Leon Panetta di Washington pada 30 April mendatang.

Pertemuan di Washington ini digelar setelah sebelumnya Filipina dan China bersitegang di Scarborough Shoal, salah satu pulau di Laut Cina Selatan dimana kapal dari kedua belah pihak saling berhadapan.

"Kami ingin semua negara, termasuk Amerika Serikat, membuat keputusan pada apa yang terjadi di sana dan apa implikasinya untuk negara mereka sendiri," tegas Del Rosario.

Del Rosario tidak mengatakan bantuan khusus apa yang diharapkan Filipina dalam pembicaraan dengan AS. Meski demikian, para pejabat pertahanan Filipina sebelumnya telah membocorkan bahwa Manila akan meminta sebuah kapal penjaga pantai dan jet tempur F-16.

Sumber : Jaringnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

KOMEN POSITIF "OK"