Laman

SELAMAT DATANG DI ZMID

"ZMID" adalah kulasan berita yang berisi tentang Politik dan dunia militer baik dalam maupun luar negeri.

Rabu, 10 Oktober 2012

Turki Hadang Pesawat Suriah

Pesawat Suriah yang dipaksa mendarat (Foto: AP) 
Pesawat Suriah yang dipaksa mendarat (Foto: AP)
 
ANKARA - Pesawat jet tempur Turki memaksa sebuah pesawat penumpang milik Suriah untuk mendara di Bandar Ankara. Pesawat milik Suriah itu, dicurigai membawa senjata yang digunakan oleh Pemerintah Suriah.

Pesawat berjenis Airbus A320 itu, datang dari Moskow, Rusia pada Rabu (10/10/2012). Seketika, pesawat jet tempur F-16 milik Turki langsung menghadang pesawat komersial itu ketika memasuki wilayah udara Turki. Pesawat itu pun kemudian dikawal masuk ke dalam Bandara Esenboga di Ankara.

"Ada aturan penerbangan sipil, di mana sebuah pesawat diharuskan untuk memberikan keterangan jelas mengenai kargo yang dibawa. Kami mendapatkan informasi bahwa pesawat itu membawa beberapa peralatan yang melanggar aturan penerbangan sipil," ujar Menteri Luar Negeri Ahmet Davutoglu, seperti dikutip Associated Press, Kamis (11/10/2012).

"Apabila informasi yang diperoleh itu benar, maka kami akan memprosesnya dengan hukum internasional yang berlaku," imbuhnya.

Kepala Penerbangan Sipil Turki Bilal Eksi mengatakan, ada 37 penumpang dan awak yang berada di dalam pesawat. Menurut keterangan Bandara Vnukovo, Moskow, Rusia, sebuah pesawat dengan nomor penerbangan RB442, meninggalkan Moskow pada pukul 3:26 sore waktu Rusia menuju Damaskus, Suriah. Tetapi tidak jelas apakah itu pesawat yang dihadang oleh jet tempur Turki.

Davutoglu memastikan, seluruh penumpang saat ini diperlakukan dengan baik dan diberikan makanan di saat kargo pesawat tengah diperiksa. Sementara pihak Suriah sendiri tidak memberikan komentar apapun mengenai hal ini.

Selain itu Davutoglu menambahkan, pihak berwenang Turki sudah menetapkan wilayah udara Suriah tidak aman dan menghentikan pesawat Turki yang ingin melintasi wilayah udara dari negara yang terimbas perang saudara tersebut.


Sumber: Okezone

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

KOMEN POSITIF "OK"