Laman

SELAMAT DATANG DI ZMID

"ZMID" adalah kulasan berita yang berisi tentang Politik dan dunia militer baik dalam maupun luar negeri.

Jumat, 12 Oktober 2012

Irak beli 28 jet tempur dari Republik Ceko

Jet tempur Aero L-159 ALCA 
Jet tempur Aero L-159 ALCA
 
Sindonews.com – Beberapa tahun ke depan, Angkatan Udara (AU) Irak dipastikan akan semakin kuat, menyusul kepastian pembelian 28 jet tempur dari Republik Ceko. Seperti dikutip dari The Daily Star, Jumat (12/10/2012), pembelian 28 jet tempur Aero L-159 ALCA ini bernilai USD 1 miliar

"Saya bisa sebut, apa yang kita sepakati hari ini adalah langkah pertama," kata Menteri Pertahanan Irak, Saadoun al-Dulaimi di Praha, Republik Ceko, usai menandatangani kesepakatan dengan Menteri Pertahanan Ceko, Alexandr Vondra.

Menurut Perdana Menteri Irak, Nuri al-Maliki, pembelian 28 jet tempur ini adalah bagian dari program untuk membangun kembali AU negara itu dan mengontrol wilayah udara yang rentan disusupi pihak asing.

Sejak invasi AS yang menggulingkan pemerintahan Saddam Hussein, Irak memang tak lagi memiliki AU yang tangguh. Al-Maliki menyatakan, jika tak segera membeli jet tempur, Irak tak akan bisa mempertahankan wilayah udaranya hingga 2020.

Menurut rencana, empat pesawat Aero L-159 ALCA akan diterima enam bulan setelah penandatanganan kontrak. Sementara 24 pesawat lainnya, akan dikirim dalam kurun 2 tahun. Sebelumnya, Irak juga Irak juga membeli lebih dari 30 jet tempur F-16 dari AS. Pesawat pertama dijadwalkan tiba di Irak pada Maret 2014.
 
 
Sumber: Sindonews

2 komentar:

  1. Sentuhan teknologi eropa pada pesawat ceko, kunjungan balasan dong ke blog saya www.goocap.com

    BalasHapus

KOMEN POSITIF "OK"