Laman

SELAMAT DATANG DI ZMID

"ZMID" adalah kulasan berita yang berisi tentang Politik dan dunia militer baik dalam maupun luar negeri.

Jumat, 05 Oktober 2012

Suriah Kerahkan 30 Ribu Pasukan ke Aleppo


 
Seorang pakar politik Lebanon mengkonfirmasikan pengerahan 30 ribu pasukan Suriah dengan perlengkapan militer dan tank ke arah kota Aleppo untuk mengontrol kembali semua wilayah perbatasan dengan Turki.
 
Mohammad Noureddine pada Jumat (5/10) kepada televisi al-Alam mengatakan, pertempuran di Aleppo bertujuan mengontrol kembali kota ini dan semua wilayah perbatasan dengan Turki.
 
Ia menambahkan, jika hal itu terwujud maka oposisi bersenjata Suriah dan pemerintahan Perdana Menteri Turki Recep Tayyib Erdogan sebagai pendukung oposisi Presiden Bashar al-Assad akan mengalami kekalahan besar.
 
Lebih lanjut Noureddine menandaskan, Turki memanfaatkan ketegangan di perbatasan dengan Suriah untuk mengalihkan perhatian militer Damaskus dari pertempuran melawan teroris di Aleppo supaya kota ini dalam waktu dekat tidak jatuh ke tangan militer Suriah.
 
Sejumlah tentara Suriahdilaporkan tewasoleh serangan pasukan Turki di sebuah pos militer di dekat kota perbatasan Tel Abyad pada Kamis pagi.

Serangan militer Turki sebagai balasan atas tembakan mortir yang diduga dilakukan oleh militer Suriah pada Rabu di kota tenggara Turki Akcakale, di Provinsi Sanliurfa. Mortir yang diduga ditembakkan oleh tentara Suriah itu menewaskan lima warga Turki dan melukai 10 lainnya.
 
Sementara itu Suriah menyatakan telah memulai penyelidikan terkait penyebab serangan mortir  ke wilayah Turkitersebut.

Pada Rabu, Menteri Informasi Suriah Omran Zoabi mengirimkan pesan belasungkawa kepada wargaTurki dan keluarga korbandan menegaskan bahwa Damaskus menghormati kedaulatan negara-negara tetangganya dan juga menginginkan kedaulatan Suriah dihormati sebagai balasannya.


Sumber: Irib  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

KOMEN POSITIF "OK"