Laman

SELAMAT DATANG DI ZMID

"ZMID" adalah kulasan berita yang berisi tentang Politik dan dunia militer baik dalam maupun luar negeri.

Senin, 24 September 2012

Pengerjaan Landasan Peluncuran Roket Korut Dihentikan


Seoul (AFP/ANTARA) – Citra satelit baru menunjukkan bahwa Korea Utara menghentikan pekerjaan di sebuah landasan peluncuran uji misil antar benua, dan kemungkinan peluncuran proyek tersebut kembali dijadwalkan hingga dua tahun ke depan, lapor sebuah situs AS pada Selasa.

Citra satelit komersial yang diambil pada 29 Agustus juga menunjukkan penundaan pembangunan gedung bahan bakar dan oksidator yang didesain untuk membantu pengujian misil pada masa depan dekat landasan baru, ujar situs 38 North.

“Perlambatan, pembatasan berbagai upaya Korea Utara untuk menebus waktu yang hilang, dapat mengakibatkan sebuah slip selama 1-2 tahun dalam penentuan penyelesaian yang dijadwalkan terkait komplek baru,” ujarnya.

38 North, sebuah situs Lembaga Korea-AS di Sekolah Studi Internasional Lanjutan John Hopkins, mengatakan penyebab pasti penghentian proyek tersebut belum diketahui dengan jelas, meskipun hujan lebat baru-baru ini meungkin menjadi salah satu faktornya.

Landasan peluncuran yang baru, dibangun di Landasan Peluncuran Satelit Tonghae di sebelah timur laut negara, yang dijadwalkan akan diselesaikan sekitar 2005.

Menurut situs tersebut, hal tersebut bertujuan untuk melakukan pengujian roket berbahan bakar likuid yang lebih besar di masa depan, kemungkinan dengan jarak antar benua.

Meskipun jika penyelesaian tersebut tertunda, Pyongyang masih mempertahankan opsi pengujian roket dengan jarak yang lebih panjang di Stasiun Peluncuran Satelit Sohae, di wilayah bagian timur laut.

Korea Utara mengalami peluncuran roket yang gagal di Sohae pada April yang mereka katakan sebagai sebuah upaya untuk meluncurkan sebuah satelit menuju orbit.

Dewan Keamanan PBB dengan tegas mengecam pelatihan yang melanggar larangan pengujian teknologi misil balistik, dan memperketat sanksi.
 
 
Sumber: Yahoonews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

KOMEN POSITIF "OK"