Laman

SELAMAT DATANG DI ZMID

"ZMID" adalah kulasan berita yang berisi tentang Politik dan dunia militer baik dalam maupun luar negeri.

Rabu, 04 Juli 2012

Pilot Brasil Diskors Karena Ngebut


BRASILIA, KOMPAS.com - Yang namanya pesawat terbang kecepatannya selalu tinggi. Namun, pesawat pun ada aturan batas kecepatan maksimum dalam kondisi tertentu yang harus dipatuhi. 

Jika aturan dilanggar, bisa menimbulkan risiko bahaya dan kerugian, dan pilot pesawat bakal kena sanksi, seperti yang dialami seorang pilot akrobatik udara Angkatan Udara Brasil ini. 

Pilot tersebut diskors setelah dalam acara pertunjukan udara di ibu kota Brasil, Brasilia, Minggu (1/7/2012), dia menerbangkan pesawatnya melebihi batas kecepatan, dan menyebabkan kaca-kaca jendela Istana Presiden Brasil dan Mahkamah Agung pecah. 

"Salah satu pesawat yang ikut dalam pertunjukan udara itu melampaui batas kecepatan yang dianjurkan, yakni mencapai kecepatan 1.100 kilometer per jam. Pesawat belum menembus dinding suara, tetapi pergeseran massa udara yang terjadi sudah cukup untuk memecahkan kaca jendela," ungkap pernyataan resmi AU Brasil, Selasa (3/7/2012). 

Di laman resmi AU Brasil (http://www.fab.mil.br) disebutkan, pesawat yang "ngebut" tersebut adalah tipe Mirage 2000, yang mampu terbang dengan kecepatan maksimum Mach 2,2 atau sekitar 2.530 kilometer per jam. 

Menurut media setempat, sekitar 100 kaca jendela pecah akibat aksi pilot tersebut, dengan total kerugian ditaksir mencapai 40.000 dollar AS (sekitar Rp 378 juta). Kepala Pusat Komunikasi Sosial AU Brasil Brigadir Udara Marcelo Damasceno Kanitz mengatakan, pihak AU akan mengganti seluruh kerugian.
"Pilot pesawat itu untuk sementara dibebastugaskan dari aktivitas udara, dan bisa mendapat sanksi," ungkap AU Brasil. 

Acara pertunjukan udara itu digelar untuk merayakan ulang tahun ke-60 Skuadron Demonstrasi Udara AU Brasil, yang sering dijuluki "Skuadron Asap". Skuadron akrobatik udara ini sendiri menggunakan pesawat bermesin turboprop Embraer T-27 Tucano.
Namun dalam acara perayaan hari Minggu, beberapa pesawat dari skuadron lain turut memeriahkan acara, termasuk jet tempur Mirage 2000. 

Sumber: Kompas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

KOMEN POSITIF "OK"