Laman

SELAMAT DATANG DI ZMID

"ZMID" adalah kulasan berita yang berisi tentang Politik dan dunia militer baik dalam maupun luar negeri.

Rabu, 21 November 2012

Laporan Perkembangan Agresi Israel ke Gaza



14:22 – Menlu AS Hillary Clinton tiba di Mesir, untuk membicarakan kemungkinan gencatan senjata di Gaza dengan Presiden Mesir Muhammad Mursi.
13:55 – Dua warga Palestina terluka dalam serangan Israel ke stadion olahraga Yarmouk yang telah rusak di Kota Gaza.
13:50 – Brigade Izzuddin Qassam menembakkan empat rudal Grad ke Beersheva dan dua mortir ke sebuah pangkalan intelijen Israel.
13:40 - Brigade Izzuddin Qassam, sayap militer Hamas dalam hal ini menyatakan, "Kami sudah memperingatkan kepada militer Israel bahwa tangan-tangan kami akan mencapai kalian. Kalian telah membuka pintu-pintu neraka untuk diri kalian sendiri."
13:39 – Seperempat dari korban dewasa di Gaza adalah perempuan, demikian disebutkan Pusat Bantuan Hukum dan Musyawarah Perempuan.
13:25 – Kanselir Jerman Angela Merkel Israel berhak membela diri.
13:20 – Jalur Gaza jadi sasaran serangan massif artileri.

13:08 - Israel meningkatkan pengamanan di sekitar gedung pemerintah di dekat lokasi ledakan bus di Tel Aviv.

12:55 – Dua warga Palestina gugur syahid di Khan Yunis: Ibrahim Abu Nasr 80 tahun, dan putrinya Amira. Cucu Abu Nasr menderita luka-luka.

12:53 – Paus Benediktus mendesak para pemimpin Israel dan Palestina untuk membuat "keputusan berani" mengakhiri konflik.

12:53 – Direktur rumah sakit Tel Aviv kepada radio Israel menyatakan 17 Zionis terluka akibat ledakan bus.

12:52 – Polisi Zionis membebaskan orang yang diduga melakukan aksi pengeboman bus di Tel Aviv.

12:50 – Hamas dalam pernyataannya melalui pengeras suara masjid menyampaikan ucapan selamat atas serangan terhadap sebuah bus di Tel Aviv.

12:49 – Sembilan kabinet Israel akan bersidang di kantor Perdana Menteri Israel untuk membahas upaya gencatan senjata dan insiden bom di Tel Aviv.

12:47 – Polisi Israel menangkap seorang pria yang diduga memasang bom di bus di Tel Aviv.

12:38 – Saluran 10 TV Israel: dua orang meledakkan bom di bus Tel Aviv.

12:35 – Seorang warga Palestina bernama Faris Sabtiye, 23 tahun, gugur syahid di Kota Gaza akibat serangan udara.

12:31 – Saluran 10 TV Israel: pelaku peledakan bom di bus Tel Aviv melarikan diri, insiden tersebut bukan aksi mati syahid.

12:24 – saluran 10 TV Israel mengkonfirmasikan masih ada satu bom di dalam bus Tel Aviv.

12:21 – Juru bicara militer Israel Avital Leibovich mengaku bus meledak di luar kantornya di Tel Aviv.

12:20 – Terdengar suara tembakan di Gaza menyambut dengan suka cita ledakan bus di Tel Aviv.

12:15 – Polisi Israel langusng mendirikan pos pemeriksaan sementara di Tel Aviv di dekat lokasi ledakan bus dan mencoba mengidentifikasi serta membekuk para pelaku.

12:12 – Ledakan bom bus di Tel Aviv melukai 18 orang, tiga di antaranya kritis.

12:10 – Terjadi ledakan di bus Tel Aviv.

12:06 – Pemimpin Otorita Ramallah, Mahmoud Abbas menyatakan Israel harus bertanggung jawab karena telah memulai perang dengan meneror komandan Hamas Ahmad al-Jabari.

11:58 – Sekjen PBB Ban Ki-moon di Ramallah menyatakan keprihatinan tentang situasi di Gaza dalam pertemuannya dengan Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu.
11:55 – Sirine terdengar di Beit Shemesh, sebelah barat Jerusalem.
11:54 – Pemimpin Otorita Ramallah Mahmoud Abbas menyatakan akan membahas solusi mengakhiri blokade terhadap Gaza dalam pertemuannya dengan Sekjen PBB Ban Ki-moon.
11:48 – Brigade Izzuddin Qassam menyatakan telah menembakkan tujuh roket Grad di Kiryat Malachi di selatan Israel.
11:42 – Ahmad Abu Eliyan, dari Bani Suheila di selatan Gaza, gugur syahid karena luka yang diderita akibat serangan Ahad lalu. Dengan demikian jumlah syuahda meningkat menjadi 149 orang.
11:38 – Militer Israel mengklaim telah meroket 43 terowongan dan titik peluncuran roket muqwama.
11:35 – Jet tempur Israel menghancurkan rumah Issam Al-Dailies, penasehat Perdana Menteri Ismail Haniyeh, di Gaza tengah.
11:15 – Warga Zionis menangkap tiga warga Nablus di Tepi Barat Sungai Jordan serta menyerahkan mereka kepada pasukan Israel.
11:00 – Pasukan Israel menahan 28 warga Palestina dalam penggerebekan semalam di Tepi Barat.
10:45 – Kerem Shalom, satu-satunya jalur penyeberangan ke Jalur Gaza, masih ditutup di hari kedelapan pasca agresi.
10:36 – Menlu AS Hillary Clinton akan bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu, Menteri Luar Negeri Avigdor Lieberman, dan Menteri Peperangan Ehud Barak di kediaman Netanyahu di Yerusalem.
10:31 – Pasukan Israel menahan 18 warga Palestina dalam serangan ke kamp-kamp pengungsi dan desa-desa di Betlehem semalam.
10:29 – Roket muqawama menghantam rumah-rumah Zionis dekat Ashdod.
10:26 – Cina akan menerima utusan Pemimpin Otorita Ramallah Mahmoud Abbas dalam membahas krisis di Gaza. Beijing meminta semua pihak untuk tenang.
10:02 – Tank Israel menembaki lahan perkebunan di Beit Lahiya di utara Jalur Gaza.
09:44 – Satu warga Palestina gugur syahid dan tiga lainnya terluka akibat serangan udara ke Jabaliya yang menewaskan satu warga Palestina.
09:37 – Derum roket muqawama menyebabkan raungan sirine di Ashdod, selatan Palestina pendudukan.
09:27 – Sebuah pesawat drone Israel menyerang sekelompok warga di timur Jabaliya di Jalur Gaza utara.
09:15 – Israel terus membombardir wilayah Rafah di Gaza selatan, dekat perbatasan Mesir.
09:07 – Sirine kembali meraung terdengar di kota-kota selatan Israel.
09:06 – Brigade Izzuddn Qassam, sayap militer Hamas menyatakan telah menembakkan tiga roket Grad ke sebuah pangkalan udara Israel dan satu roket ke kota Ashdod.
08:59 – Warga Palestina memprotes kunjungan Menlu AS Hillary Clinton ke Ramallah.
08:43 – Militer Israel membombardir kamp pengungsi Nuseirat di Gaza tengah. Sejumlah rumah rusak dan terbakar.
08:23 – Jurur bicara militer Israel, Yoav Mordechai menyatakan bahwa serangan ke Gaza akan terus dilancarkan bersamaan dengan upaya diplomatik.
08:09 – Dua syuhada Palestina akibat serangan udara ke Rafah semalam (Selasa, 20/11) telah teridentifikasi. Ibrahim Bin Hamad 15 tahun dan Mahmoud al-Arja 16 tahun gugur syahid setelah tim dari Bulan Sabit Merah tidak dapat mencapai mereka selama empat jam.
07:50 – Setelah banyak tentaranya yang terluka akibat roket muqawama, Militer Israel memutuskan untuk mengurangi jumlah personilnya di perbatasan dekat Gaza yang tidak dipersiapkan untuk invasi darat.
07:32 – Terowongan di Rafah dihantam tujuh serangan roket dari pesawat Israel.
07:20 – Militer Israel membombardir lebih dari 100 titik di Gaza pada Selasa malam (20/11).
07:00 – Pesawat tempur Israel menghancurkan dua rumah milik Muhammad al-Hadidi dan Muhammad al-Shafeiy di kamp pengungsi Nuseirat. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam insiden tersebut.
06:45 – Jet tempur Israel membombardir jalan penghubung kamp pengungsi Nuseirat dan desa al-Mughraka.
06:42 – Sejumlah wilayah di selatan Gaza jadi sasaran serangan mortir.
06:04 – Dewan Keamanan PBB akan mengadakan debat terbuka tentang Gaza hari ini jika gencatan senjata tidak tercapai.
05:57 – Wakil Rusia di PBB Vitaly Churkin mengatakan jika gencatan senjata tidak tercapai maka resolusi akan divoting di Dewan Keamanan.
05: 41 – Militer Israel menyatakan 162 roket menghantam Israel selama 24 jam terakhir.
05:26 – Jet tempur Israel menghancurkan tunel di barat Rafah.
05:10 – Kantor polisi di Khan Yunis rata dengan tanah dan sejumlah bangunan sekitar mengalami kerusakan para akibat dalam serangan udara Israel.
04:52 – Militer Israel menyatakan dua roket yang ditembakkan dari Gaza ke wilayah padat penduduk berhasil dicegat oleh Iron Dome sejak tengah malam.
04:16 – Jet tempur Israel bombardir markas polisi di Khan Yunis.
04:08 – Youssef Abdel Hamid seorang paramedis Palestina menceritakan kengerian menjadi paramedis di Gaza. Kepada Washington Post dia mengatakan, "Biasanya, kami menemukan korban dalam potongan. Adan tangan di sini, kaki di sana."
04:05 – Militer Israel mengklaim serangan udaranya ke gedung Abu Khadra di pusat kota Gaza adalah serangan terhadap "pusat kegiatan teror."
03:46 – Press TV melaporkan salah satu korespondennya bernama Akram al-Sattari terluka dalam sebuah serangan udara Israel terhadap sebuah hotel tempat para wartawan internasional menginap.
03:20 – Akun Facebook Silvan Shalom tidak aktif, namun akun Twitter-nya yang telah terhack masih mengupdate status baru: "Benyamin Netanyahu adalah kekuatan Zionis psikopat, pembunuh gila, yang didukung oleh elit politik psikopat global."
02:39 – Sebuah serangan udara dilancarkan Israel menarget dua hotel tempat para wartawan asing menginap. Reporter Hugh Naylor dari koran The National mengatakan bahwa ledakan terjadi di hotel Deira dan Pantai. Belum ada laporan lebih lanjut dalam hal ini.
02:10 – Kelompok hacker Anonymous juga membobol akun Twitter milik Wakil Perdana Menteri Israel.
02:09 – Aljazeera melaporkan bahwa Dewan Keamanan PBB tidak akan mengambil keputusan sekarang dan akan berunding besok.
02:02 – Para hacker Anonymous membobol laman Facebook milik Wakil Perdana Menteri Israel, Silvan Shalom. Status Facebook Shalom berubah menjadi: "Masyarakat di seluruh dunia bersatu melawan kesewenang-wenangan. Bebaskan Palestina."
01:55 – Brigade Izzuddin Qassam menyatakan telah menembakkan roket Grad ke Ashdod di selatan Israel.
01:47 – Kantor AP dan Aljazeera di Gaza rusak dan masih terbakar akibat serangan jet tempur Israel di Jalur Gaza.
01:24 – Ledakan terjadi di Gaza.
01:06 – Ledakan terdengar di Gaza.
01:06 – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton yang sekarang berada Palestina pendudukan dan berunding dengan para pejabat Zionis, menyatakan bahwa komitmen Amerika Serikat terhadap keamanan Israel tidak tergoyahkan.
00:54 – Al-Manar Lebanon menayangkan laporan menyedihkan proses pengeluaran jenazah satu keluarga Palestina yang tertimbun reruntuhan bangunan akibat bombardir Israel.
00:37 – Jihad Islam Palestina: kami siap dengan opsi apapun. Jihad Islam Palestina dan Hamas menekankan bahwa serangan Israel terus berlanjut dan kedua kelompok muqawama ini siap menghadapi opsi apapun.
00:25 – Afrika Selatan mengutuk agresi Israel ke Gaza dan menuntut rezim Zionis menghormati ketentuan internasional dan mengakhiri blokade atas Jalur Gaza.
00:25 – Menlu Amerika Serikat, Hillary Clinton tiba di Tel Aviv untuk berunding dengan para pejabat Israel mengenai perkembangan di Gaza.
00:20 – Aljazeera mengutip sejumlah sumbernya menyatakan dalam kesepakatan gencatan senjata antara Palestina dan Israel disebutkan beberapa poin.
00:10 – Hamas: tidak ada gencatan senjata untuk malam ini.
00:02 – Aktivis politik Tunisia, Bashir al-Sheid menilai perang di Gaza sebagai bagian dari perang multi-dimensional Barat terhadap kawasan dan menjadi faktor utama tercorengnya kredibilitas rezim-rezim despotik Arab.  


Sumber: Irib
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

KOMEN POSITIF "OK"