Halaman

Powered By Blogger

SELAMAT DATANG DI ZMID

"ZMID" adalah kulasan berita yang berisi tentang Politik dan dunia militer baik dalam maupun luar negeri.

Rabu, 05 September 2012

India & China Lanjutkan Latihan Militer

Foto : Menhan China & India (PTI) 
Foto : Menhan China & India (PTI)
 
NEW DELHI - India dan China berniat untuk menggelar kembali latihan militer bersama, secepatnya. Laporan itu muncul di saat Menteri Pertahanan China Liang GUanglie mengunjungi India.

Dalam kunjungannya ke Negeri Bollywood, Liang dan Menteri Pertahanan India A.K. Antony mendiskusikan isu keamanan Asia-Pasifik. China juga mengutarakan kekhawatirannya dengan kebijakan militer Amerika Serikat (AS) ke Asia.

"Kami setuju untuk menjalin persahabatan dan meningkatkan kerja sama strategis antara dua negara ini," ujar Liang seperti dikutip, Gulf Times, Rabu (5/9/2012).

Dalam beberapa dekade, hubungan ekonomi India dan China juga mulai pulih, namun masih ada friksi di dalam hubungan militer India dan China. Kedua negara bersenjata nuklir itu juga siap untuk menggelar latihan militer bersama, seperti yang mereka lakukan pada 2007 silam.

Latihan militer India dan China sempat tertunda karena adanya masalah visa. Namun Antony mengatakan bahwa, latihan itu akan dilanjutkan secepatnya. Antony juga tidak menyebutkan waktu dan detil dari latihan militer tersebut.

China dan India sempat terlibat dalam peperangan pada 1962 silam. Peperangan itu disebabkan karena ketidaksetujuannya terhadap perbatasan. Peristiwa peperangan itu terjadi di saat warga Tibet menggelar aksi demonstrasi.

Belakangan ini, hubungan India dan China juga diwarnai oleh sedikit kecurigaan. Kedua negara tersebut tampak memperkuat militernya yang berada di wilayah perbatasan. India juga aktif menggelar uji coba senjata-senjatanya. Meski demikian, kedua negara yang memiliki populasi besar itu tidak memiliki niat untuk menyerang satu sama lain.


Sumber: Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOMEN POSITIF "OK"