Sukhoi Su-30 (kode NATO: Flanker-C) adalah pesawat tempur yang
dikembangkan oleh Sukhoi Rusia pada tahun 1996. Pesawat ini adalah
pesawat tempur multi-peran, yang efektif dipakai sebagai pesawat serang
darat. Pesawat ini bisa dibandingan dengan F/A-18E/F Super Hornet and
F-15E Strike Eagle Amerika Serikat.
Pesawat ini adalah pengembangan dari Su-27UB, dan memiliki beberapa
varian. Seri Su-30K dan Su-30MK telah sukses secara komersial.
Varian-varian ini diproduksi oleh KNAAPO dan Irkut, yang merupakan anak
perusahaan dari grup Sukhoi. KNAAPO memproduksi Su-30MKK dan Su-30MK2,
yang dirancang dan dijual kepada Tiongkok. Su-30 paling mutakhir adalah
seri Su-30MK buatan Irkut. Antara lain Su-30MKI, yang merupakan pesawat
yang dikembangkan khusus untuk Angkatan Udara India, serta MKM untuk
Malaysia dan MKA untuk Algeria.
Negosiasi dengan India untuk menyuplai
pesawat jenis Su-27 fighters dimulai pada tahun 1994. Biro desain mulai
bekerja untuk mengembangkan Su-30-berbasis pesawat untuk Angkatan Udara
India pada tahun 1995. AF Barkovsky ditunjuk sebagai ketua perancang
proyek. Pada tanggal 30 November 1996 sebuah perjanjian dibuat untuk
pembangunan bertahap dan pengiriman ke India dari 8 Su-30K fighters
dengan dua kursi dan 32 Su-30MKI multi-peran dengan dua kursi fighters.
Pesawat yang telah dijadwalkan untuk pengiriman di beberapa
consignments, dengan bertahap akan meningkatkan avionics, powerplant dan
senjata. Pengembang umum menurut resolusi yang dikeluarkan pemerintah
Rusia adalah:
- Untuk pembangunan pesawat: Sukhoi Design Bureau OJSC (sekarang JSC),
- Untuk produksi pesawat: Irkutsk Aircraft Production Association (IAPA, sekarang Irkut Corporation).
Dua prototip dibangun oleh Biro Desain pada 1995-1998. Prototipe yang
pertama, Su-30I-1, berdasarkan pada produk versi Su-30, prototipe atau
model pesawat selesai dibuat di musim semi tahun 1997. Penerbangan
pertama dilakukan oleh pilot uji V.Yu. Averyanov pada 1 Juli 1997. Pada
bulan Juli 1997, Design Biro meluncurkan program untuk menguji pesawat
bersama SPFC dari Angkatan Udara.
Pesawat terbang telah diproduksi di Irkutsk sejak tahun 2000. Pada
saat Pra Produksi untuk pertama kalinya penerbangan pesawat telah diuji
oleh V.Yu. Averyanov pada 26 November 2000. Pra produksi ketiga
Su-30MKIs telah diserahkan ke Biro Desain dan telah digunakan bersama
dengan prototip dalam joint-program dengan pengujian SPFC dari Angkatan
Udara.
Sesuai dengan ketentuan kontrak, maka pesawat Su-30MKI akan diuji dan
dikirimkan dalam 3 tahap. Pertama pengiriman 10 Su-30MKI ke pengguna
terjadi pada tahun 2002; kedua dari 12 aeroplanes, pada tahun 2003. Pada
2004, pesawat Su-30K dan Su-30MKI telah dimasukkan ke dalam armada
satuan Angkatan Udara dengan dua squadron.
Keistimewaan dari Su-30MKI ini adalah:
- Untuk pertama kalinya di dunia, produksi pesawat terbang yang
memiliki mesin dengan tthrust vector kontrol (AL 31FP, dikembangkan oleh
RDC setelah bernama A.Lyulka), dan sistem remote control terpadu dalam
satu kontrol loop. Diambil bersama-sama, ini renders the Su-30MKI sangat
lincah bermanuver;
- Untuk pertama kalinya dalam sejarah Biro Desain, pesawat yang
dilengkapi dengan avionics skala besar yang terintegrasi dengan sistem
luar negeri dan dalam negeri asalnya. The Su-30MKI memiliki
“internasional” avionics portofolio, karena tidak termasuk sistem dan 14
unit yang dibuat oleh perusahaan asing dari 6 negara di dunia.
- Untuk pertama kalinya di dunia, sebuah pesawat produksi memiliki radar
dengan PAA ( “Bar” dikembangkan oleh Scientific Instrumentation
Research Institute of Technology). Selain itu, pesawat memilki new
ejection seat yang baru, K-36D-3.5, dan inovasi lainnya dari sistem
domestik asal.
- ADO line-up telah ditingkatkan secara signifikan dengan penambahan
RVV-AYe air-to-air guided missile, Kh-29L/T/TYe, Kh-31A/P, Kh-59M
air-to-ground missiles, dan KAB-500 dan KAB-1500 guided bombs.
Su-30MKI dalam sejarah rusia untuk pertama kalinya memiliki program
dalam sejarah showcased sebuah model baru bagi kerjasama militer-teknis
termasuk semua jenis kerjasama jangka panjang yang saat ini dilakukan di
dunia seperti:
- Pengiriman pertama konsinyasi produk dalam versi dasar (Su-30K),
- Kerjasama R & D untuk menghasilkan versi upgrade (Su-30MKI),
- Memberikan pengguna lisensi untuk manufaktur dengan setelah
penggantian komponen rusia yang dibuat dengan orang-orang asing asal
(pada bulan Desember 2000, telah menandatangani kontrak untuk menjual ke
India lisensi untuk pembuatan 140 pesawat Su-30MKI pada akhir
pengiriman),
- Mengupgrade pesawat dari pengiriman pertama untuk status teknik pengiriman akhir,
- Menyiapkan kerjasama teknis untuk pusat layanan pasca penjualan dengan disertakan pemeliharaan peralatan,
- Menggunakan «ekspor tempat» untuk memperluas ke pasar regional (di
tahun 2003, kontrak dibuat untuk suplai Su-30MKM ke Malaysia).
Su-30MKK
Biro desain mulai bekerja untuk menghasilkan Su-30-berbasis dua kursi
penerbang yang dirancang untuk Su -30MKK angkatan udara China pada
1997, AI Knyshev yang telah ditunjuk sebagai ketua perancang proyek. Di
bawah kontrak, direncanakan Komsomolsk-on-Amur production(KnAAPO)
dinamakan dengan kontraktor umum. Biro desain menghasilkan desain rinci
pada 1997-98; prototipe pesawat yang dibuat di Komsomolsk-on-Amur di
1998-99. Versi baru dua penumpang berdasarkan pada desain solusi
diadopsi untuk Su-27SK dan satu kursi fighter Su-27M. Akibatnya,
Su-30MKK dimasukkan, untuk semua intents dan tujuan tanpa desain ulang,
Su-27M’s centre wing section, wing panels, air intakes, tail beams, fins
and landing gear and the Su-27SK’s tail-end fuselage dirangkai. Dengan
cara ini, desain ruang lingkup dikurangi secara dramatis, tanpa ada
komponen baru yang diperlukan untuk membangun pesawat terbang kecuali
untuk hidung pesawat. Selain itu, rencana produksi telah ikut serta
dalam menyiapkan produksi dua kursi pelatih pada awal’80 an.
Prototipe pertama dibangun di musim semi 1999, Su-30MKK-1 yang
diterbangan pada 20 Mei 1999 oleh Pilot I.Ye. Solovyov (Biro Desain) dan
A.V. Pulenko (KnAAPO). Pertama empat pesawat pra-produksi yang
diserahkan ke Desain Biro untuk pengujian. Pengujian yang dilakukan
bersama-sama dengan SPFC dari Angkatan Udara di 1999-2001, dengan
produksi pertama 10 Su-30MKK pesawat dikirimkan ke pelanggan pada bulan
Desember 2000.
Su-30MKK desain highlights:
- Pesawat ini memiliki peralatan upgrade dari mnufaktur Rusia, yang
meliputi versi radar baru dengan tujuan dan sasaran pemetaan kemampuan;
OSTS dengan target penyinaran menggunakan laser beam; sistem GPS, dan
LCD multi fungi berwarna di kokpit, dll
- ADO line-up telah ditingkatkan dengan penambahan RVV-AYe air-to-air
guided missile; Kh-29L/T/TYe, Kh-31P, Kh-59M air-to-ground missiles; dan
KAB-500 dan KAB-1500 guided bombs. Su-30MKK telah digunakan sebagai
dasar untuk menghasilkan suatu versi upgrade, maka Su-30MK2, yang
berbeda dari versi terdahulu dalam sistem senjata dan peralatan
konfigurasi; pesawat dari jenis ini telah diberikan kepada Cina pada
tahun 2003. Selain itu, Su-30MK adalah jenis aeroplanes dikirim ke
Indonesia pada tahun 2003
Daftar Pengguna SU-30:
- Aljazair
- Republik Rakyat Cina
- India
- Indonesia
- Malaysia
- Rusia
- Uganda
- Venezuela
- Vietnam
-
Spesifikasi (Su-27PU/Su-30)
Data dari KNAAPO Su-30MK page, Sukhoi Su-30MK page, Gordon and Davison
Karakteristik umum
- Kru: 2
- Panjang: 21.935 m
- Lebar sayap: 14.7 m
- Tinggi: 6.36 m
- Luas sayap: 62.0 m²
- Bobot kosong: 17,700 kg
- Bobot terisi: 24,900 kg
- Bobot maksimum lepas landas: 34,500 kg
- Mesin: 2× AL-31FL low-bypass turbofans
- Dorongan kering: 7,600 kgf masing-masing
- Dorongan dengan pembakar lanjut: 12,500 kgf masing-masing
Kinerja
- Laju maksimum: Mach 2.0 (2,120 km/h, 1,320 mph)
- Jarak jangkau: 3,000 km at altitude
- Batas tertinggi servis: 17,300 m
- Laju panjat: 230 m/s
- Beban sayap: 401 kg/m²
- Dorongan/berat: 1.0
Persenjataan
- Guns: 1 × GSh-30-1 gun (30 mm caliber, 150 rounds)
- AAMs: 6 × R-27ER1 (AA-10C), 2 × R-27ET1 (AA-10D), 6 × R-73E (AA-11), 6 × R-77 RVV-AE(AA-12)
- ASMs: 6 × Kh-31P/Kh-31A anti-radar missiles, 6 × Kh-29T/L laser guided missiles, 2 × Kh-59ME
- Aerial bombs: 6 × KAB 500KR, 3 × KAB-1500KR, 8 × FAB-500T, 28 × OFAB-250-270